Cara Membuat Aplikasi Di Ponsel Bagi Pemula

Cara Membuat Aplikasi Di Ponsel Bagi Pemula -. Memang, kita sering bertanya-tanya bagaimana kita dapat membuat dan bekerja dengan sempurna dengan aplikasi kita. Padahal, bagi programmer yang sudah lama berkecimpung di bidang IT, membuat aplikasi tidak begitu rumit.
Jika kamu seorang pemula dan tertarik dengan cara membuat aplikasi, kamu dapat membuat aplikasi dengan beberapa langkah sederhana di bawah ini.

cara membuat aplikasi di ponsel bagi pemula

 

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu luang. Salah satunya dengan mengikuti beberapa tips di bawah ini. Langkah-langkahnya dijamin simpel, jadi pemula pun bisa melakukannya.

1. Membuat Konsep Aplikasi

Langkah pertama dalam membuat aplikasi Android adalah menentukan A sampai Z apa yang perlu kamu lakukan untuk aplikasi kamu dan apa yang ingin kamu lakukan dengannya. Juga, pikirkan tentang bagaimana aplikasi kamu akan berkontribusi pada masyarakat. Langkah ini kami lakukan dengan memberikan presentasi yang solid, matang dan terbaik. Juga, pikirkan berbagai masalah yang muncul dan cara mengatasinya. Dengan begitu, aplikasi yang kamu buat benar-benar terkonsep.

2. Lakukan Penyelidikan Terperinci (Riset)

Melihat lebih dekat ide-ide yang kamu pikirkan tentang aplikasi yang kamu buat adalah cara berikutnya untuk membuat aplikasi kamu sendiri. Kami mendengarkan pendapat orang-orang di sekitar kami, mengevaluasi aplikasi pesaing kamu, dan melakukan penelitian. Ini adalah dasar dari aplikasi.

3. Membuat Papan Cerita

Setelah menyelesaikan langkah-langkah untuk membuat aplikasi kamu sendiri, mulailah merakit. Pada langkah ini, kamu dapat mulai merancang konsep yang dipikirkan dengan matang. Pastikan kamu membuatnya sejelas dan seakurat mungkin! Jika tidak, mungkin orang tidak terlalu tertarik dengan aplikasi kamu.

4. Eksekusi Backend Dan Ireframe

Apa itu backendnya? Backend berada di belakang layar dari berbagai aplikasi yang kamu buat. Pada tahap membuat aplikasi kamu sendiri, kamu memerlukan tempat untuk menyimpan data dalam jumlah besar.

5. Pengujian Terhadap Aplikasi

Apa metode aplikasi selanjutnya? Ketika kamu mencapai tahap ini,kamu benar-benar dapat melayani aplikasi kamu. Namun ada baiknya untuk melakukan ujian dengan terlebih dahulu memberikannya kepada rekan kerja kamu dan meminta kritik dan saran dari mereka.

6. Buat Desain Tampilan

Setelah uji coba selesai, lanjutkan ke langkah berikutnya tentang cara membuat aplikasi Android. Garis depan aplikasi akan menjadi antarmuka yang menarik. Sekarang saatnya mendesain eksterior. Ingatlah untuk memperhatikan umpan balik dari calon pengguna dan orang-orang di sekitar kamu, oke!

7.Uji Coba Konektivitas User Interface Dan Back End

Uji ulang aplikasi untuk tujuan lain. Metode pembuatan aplikasi Android ini dimaksudkan untuk menguji keberhasilan backend dalam tampilan antarmuka aplikasi.
kamu juga dapat menentukan apakah aplikasi kamu menghabiskan banyak daya. Setelah itu, jangan lupa untuk memperbaiki kesalahan yang terjadi.

8. Lakukan Beta Testing

Menjelang langkah terakhir cara membuat aplikasi Android, kamu sudah bisa melakukan beta testing untuk melihat apakah aplikasi kamu diterima oleh banyak orang. Pasti banyak pro dan kontra, jadi kamu harus pintar-pintar menyaring pendapat mereka untuk hasil aplikasi yang lebih sempurna.

9. Luncurkan aplikasi

Setelah kamu menyelesaikan semua langkah untuk membuat aplikasi Android di ponsel kamu, kamu dapat merilisnya. Tentunya masih banyak perbaikan dan pembaruan, namun setidaknya aplikasi sudah lengkap dan siap untuk didistribusikan.
Alat yang direkomendasikan untuk membuat aplikasi
kamu dapat membuat aplikasi sendiri secara online menggunakan berbagai metode yang dijelaskan di atas tanpa harus mengunduh perangkat lunak tertentu.

Berikut adalah beberapa aplikasi yang direkomendasikan untuk membuat aplikasi di ponsel kamu

1. Swiftic

Jika kamu ingin membuka aplikasi untuk e-commerce, kamu bisa mengikuti langkah-langkah membuat aplikasi Android menggunakan Swiftic. Alat yang mereka sediakan sempurna untuk itu, dan  bahkan kamu dapat membuat katalog produk, opsi pemesanan dan pembayaran, dan banyak lagi.
Swiftic memudahkan pengembangan aplikasi dengan menghubungkan langsung ke Shopify dan WooCommerce.

2. Appy Pie

AppyPie adalah tempat yang direkomendasikan untuk pemula. kamu dapat melakukan segalanya dengan fungsionalitas yang disediakan aplikasi Anda, sehingga kamu dapat melakukan cara kamu membuat aplikasi tanpa coding. Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengubah aplikasi dari yang awalnya hanya Android menjadi iOS. Kamu juga dapat mendesain ikon aplikasi, header, dan kebutuhan desain lainnya di sini tanpa repot.

3. Aperry

Jika kamu membuat aplikasi dalam kolaborasi tim, Appery adalah solusi kamu. Berbagi dan berkolaborasi dengan mudah dengan mitra waktu nyata terpilih. Alat-alat ini sempurna untuk semuanya, mulai dari pemula hingga mereka yang sudah terbiasa dengan pengkodean. kamu dapat mengedit tampilan aplikasi Anda menjadi HTML, Java, dan kode lainnya.

Baca juga: cara mengubah background zoom latar belakang di ponsel dan di laptop

Nah teman-teman, itulah beberapa cara membuat aplikasi yang perlu kamu perhatikan sebagai pemula. Ya, pastikan semua desain disiapkan secara detail.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button